Yagami-kun menemukan buku deathnote yang terjatuh entah dari mana. Di dalam buku itu tertulis bahwa nama manusia yang tertulis di dalamnya akan mati, jika kematiannya tidak disebabkan oleh shinigami maka orang itu akan mati karea serangan jantung.
Dengan iseng Yagami menuliskan nama salah satu penjahat yang muncul di berita. dalam waktu 6 menit 40 detik orang itu pun mati karena serangan jantung. karena merasa hal itu suatu kebetulan maka dia putuskan untuk mencobanya sekali lagi.
Dalam perjalanan pulang dari sekolah, Yagami melihat seorang wanita sedang diganggu oleh beberapa preman dan dia pun menuliskan nama bos preman-preman itu di deathnote, sehingga orang itu mati mengenaskan di tabrak truk.
sementara di dunia shinigami, ryuk merasa bahwa waktu 5 hari untuk menjatuhkan deathnote miliknya sudah cukup dan dia pun mendatangi Yagami. setelah bertemu dengan yagami, ryuk mengatakan bahwa ” jika deathnote tersebut telah jatuh ke dunia manusia dan telah digunakan oleh manusia maka pemilik deathnote itu sekarang adalah orang tersebut, hingga buku itu dikasih ke orang lain atau pemiliknya mati. selain itu ryuk juga mengatakan bahwa orang yang telah menggunakan buku itu tidak akan diterima di nerakan maupun surga. Namun yagami sudah membulatkan tekad untuk menggunakan buku itu untuk memberantas segala kejahatan di dunia manusia. dia ingin membersihkan dunia dari orang-orang jahat dan menciptakan dunia yang baru, dimana pada dunia itu yagamilah yang akan menjadi dewanya.