karena penayangan berita oleh L, kini kepolisian menerima banyak telpon dari masyarakat , dimana sebagian masyarakat setuju dengan kira dan sebagian lagi tidak. bahkan seorang polisi pun menyetujui tindakan kira tersebut.
ayah kira adalah seorang pemimpin investigasi tentang “Kira” dan kira menghack komputer ayahnya untuk memperoleh hasil penyelidikan polisi sementara, yaitu polisi menyimpulkan bahawa kira adalah seorang siswa. oleh karena itu kira menuliskan nama-nama kriminal di bukunya dan jam kematiannya ditentukan sesuai jam-jam sekolah, agar dapat mengelabui polisi. namun tindakan kira tersebut justru malah menambah keyakinan L bahwa kira benar seorang siswa smu.
L menyelidiki tentang “mengapa kira dapat mengetahui informasi penyelidikan mereka ” , dan dia menyimpulkan bahwa yang memiliki kemungkinan sebagai “kira” adalah sagami yaitu anak dari inspectur polisi tertinggi , sebab sagami juga masih dalam bangku sekolah. L pun meminta watari untuk mengikuti kemana sagami pergi, namun hal itu diketahui oleh ryuk. ryuk pun mengatakan kepada sagami. karena merasa sudah ketahuan sehingga sagami menjadi bingung harus bagaimana , namun tiba-tiba ryuk memberikan solusi bahwa sagami dapat menggunakan mata shinigami dengan imbalan setengah dari waktu hidupnya, agar dia dapat mengetahui batas hidup seorang manusia dengan sekali melihat saja, sehingga kira dapat memperkirakan kematian orang itu. sagami pun ingin melakukan pertukarang itu agar dia bisa menang dari L.